Kamis, Oktober 28, 2021

Tentang Makata

Dari Desa Tukadaya Membangun Jejaring Global

KIM Makata terbentuk dari diskusi-diskusi kecil dalam kelompok kecil di lingkungan Desa Tukadaya. Dari diskusi maka terbersit keinginan pribadi-pribadi yang berdiskusi untuk menjadi masyarakat yang sadar akan dinamika teknologi dan informasi. Dari kesadaran awal itu kemudian ingin bergerak, merintis sesuatu bersama, merangsang ide-ide kreatif guna meningkatkan produktivitas, kemandirian dan wawasan yang berorientasi global.

Asal-usul Nama Kelompok Informasi Masyarakat MAKATA

KIM MAKATA – Kelompok Informasi Masyarakat Makata Desa Tukadaya. MAKATA adalah akronim dari Masyarakat Informasi Tukadaya MAKATA adalah kata dalam Bahasa Negaroa, Bahasa Bali dengan logat Jembrana. Makata di daerah lain Bali diucapkan sebagai ‘Makatang’, dari akar kata Bakat. MAKATA berarti; Sempat, Mendapatkan, Memperoleh. Dalam Bahasa lain di dunia, Makata ditemukan sebagai kata dalam Bahasa Polandia dan Bahasa Tagalog, Filipina. Dalam Bahasa Polandia, Makata adalah nama permadani yang disulam benang emas atau perak dengan motif tanaman atau pola geometri arsitektur. Sedangkan dalam Bahasa Tagalog – Filipina, Makata berarti puisi atau penyair.

Semangat MAKATA

Dalam masyarakat Bali, ada tradisi menentukan hari baik yang disebut dewasa ayu yang masih digunakan dalam menentukan hari upacara, bercocok tanam dan sebagainya. Ada lelucon tentang dewasa ayu, yang sebenarnya untuk menyindir sikap malas kita saat memulai sesuatu.

“Sing perlu makébék ngalih duasa ayu, duasa paling bagus to duasa makata!”

(Tidak perlu bingung mencari hari baik, hari terbaik adalah hari dimana kamu sempat dan mau melakukannya.)

Maka duasa MAKATA inilah yang menjadi energi ungkit, kekuatan lenting untuk memicu kemauan dan keberanian kami untuk bergerak, memulai sesuatu untuk kesejahteraan pribadi dan masyarakat. Makata, dari akar kata bakat yang berkaitan dengan keberhasilan atas sebuah pencarian atau sesuatu yang diusahakan untuk didapatkan. Makata adalah mendapatkan hasil dari sebuah usaha. kim-profil

MISI KIM Makata

Pemberdayaan masyarakat informasi yang dinamis sebagai dasar terwujudnya masyarakat kreatif, produktif, mandiri dan BERWAWASAN GLOBAL.

MISI KIM Makata

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang literasi secara umum, khususnya literasi media dan digital.
  • Memberdayakan dan memfasilitasi potensi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi. Membangun jaringan kerja dan informasi internal dan eksternal.
  • Membangun sikap saling mendukung dalam masyarakat untuk kesejahteraan bersama.

Discussion about this page